Posted by : Unknown Wednesday, May 27, 2015

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh!!

Balik lagi sama gue Blogger paling kece sejagad raya, dunia akhirat yang diakui oleh seluruh penghuni kebun binatang. Lagi-lagi gue pengen curhat disini tentang apa yang gue dapet dikehidupan gue.

For Your Info, gue sekarang bersekolah disebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berdomisili di kecamatan Cikarang Selatan, Bekasi. Taun ini gue akan menghadapi Ujian Kenaikan Kelas untuk melanjutkan sekolah di kelas tiga. Yang artinya, taun depan gue bakal lulus dari sekolah dan melanjutkan ke jenjang kehidupan yang selanjutnya. Entah gue bakal jadi Mahasiswa, Pekerja, atau Wirausahawan? Nobody Knows :)

Oke, back to our main topic, seperti yang elu-elu bisa liat, di artikel kali ini gue pengen ngebahas tentang Media Tanam dan Syarat-Syarat agar sebuah Media Tanam dapat dikatakan Media Tanam Yang Baik.

Sebelumnya, gue pengen ngebahas Apa Itu Media Tanam? Menurut guru PLH yang mengajar gue tentang Budidaya Tanaman, Media Tanam adalah sebuah komponen utama dalam pembudidayaan sebuah tanaman yang berfungsi sebagai penopang akar, tempat berkembangnya akar, dan perantara untuk menyuplai nutrisi yang dibutuhkan akar dari lingkungan alaminya.

Tumbuhnya sebuah tanaman sangat berpengaruh pada kualitas Media Tanamnya. Semakin baik Media Tanamnya, semakin bagus juga perkembangan dari tanamannya. Dan berikut ini adalah Syarat-Syarat yang perlu dipenuhi agar suatu Media Tanam dapat dikatakan baik. Check this out!!

1. Dapat Dijadikan Sebagai Tempat Berpijak Tanaman

Fungsi sebagai "penopang akar" merupakan fungsi yang paling utama untuk sebuah Media Tanam. Agar sebuah tanaman dapat berdiri tegak, Media Tanam yang digunakan juga harus dapat menahan berat akar agar tidak goyang dan tidak mudah tercabut. 

Akar sendiri mempunyai 2 Jenis yaitu Akar Serabut dan Akar Tunggang. Untuk akar Serabut yang lebih mudah dicabut, memerlukan Media Tanam dengan tingkat kerapatan yang tinggi. Sedangkan untuk akar Tunggang, lebih diutamakan Media Tanam yang bersih dan tidak tercemar disekitarnya karena Akar Tunggang akan menjalar hingga beberapa meter untuk mencari nutrisi disekitarnya.

2. Memiliki Kemampuan Mengikat Air dan Menyuplai Unsur Hara

Air dan Unsur Hara merupakan 2 komponen penting yang berpengaruh pada pertumbuhan sebuah Tanaman. Sebuah Media Tanam haruslah dapat menampung Air untuk nantinya disalurkan ke tanaman melalui Akar.

Media Tanam yang baik juga harus memiliki kandungan Unsur Hara yang berfungsi untuk menguraikan nutrisi dari kotoran maupun sampah yang berada disekitar Media Tanam. Unsur Hara yang diserap oleh akar juga menjaga agar pertumbuhan sebuah Tanaman. Unsur Hara dibagi menjadi dua. Yaitu Unsur Hara Mikro dan Unsur Hara Makro.

3. Mampu Mengontrol Kelebihan Air
Terkadang seorang manusia yang membudidayakan sebuah tanaman juga dapat melakukan kesalahan yang mengakibatkan tanaman tersebut mati. Kasus yang paling sering yang menyebabkan tanaman mati karena kesalahan si penanam adalah pemberian kadar air yang tidak pas.

Ketika kita kurang memberikan Air, tanaman akan layu dan kering. Dan ketika kita memberikan terlalu banyak Air, tanaman akan lembab dan membusuk. Oleh karena itu, suatu Media Tanam dapat dikatakan baik apabila ia dapat mengantisipasi kelebihan Air dan menyimpan Air tersebut dalam jangka waktu tertentu dan akan disalurkan kepada tanaman itu lagi ketika tanamannya butuh kadar air lebih.

4. Dapat Mempertahankan Kelembaban

Kebalikan dari point diatas, ketika kita terlalu banyak memberi kadar air kepada Tanaman, Media Tanam yang baik harus bisa mengontrol kadar air tersebut menjadi seperti yang dibutuhkan oleh Tanaman. Namun, ketika kita tidak mempunyai waktu untuk menyiram tanaman atau kita lupa untuk menyiram tanaman (Namanya juga manusia bro, kadang sibuk ,kadang sibuk banget. kadang juga pelupa), Media Tanam yang baik akan menjaga kelembabannya agar tanaman tersebut terutama dibagian akarnya tidak layu atau kekeringan.

Dan lagi, kemampuan sebuah Media Tanam dalam mempertahankan kelembaban, juga berpengaruh pada tanaman yang ditanam. Karena ada beberapa jenis tanaman yang memerlukan tingkat kelembaban yang rendah, ada juga yang memerlukan tingkat kelembaban yang tinggi.  

5. Tidak Mudah Lapuk dan Rapuh
Seperti yang dijelaskan di point pertama, Media Tanam yang baik harus bisa menopang Akar dan menahannya agar tidak goyang maupun tercabut. Maka dari itu, Media Tanam haruslah kuat dan tidak mudah terpengaruh oleh keadaan lingkungan luar.

Media Tanam juga lebih baik bebas dari kotoran dan hal-hal yang membuat Media Tanam tersebut rusak dan rapuh.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ya, Demikianlah artikel gue kali ini. Sekali-kali gue update yang nambah ilmu bareng-bareng iya gak? Kan kalo kemaren-kemaren mah updatetan di blog ini hampir semuanya ga penting, kalo sekarang ada ilmunya laah dikit-dikit. 

Semoga apa yang gue tulis disini dapat bermanfaat buat kita bersama. Oiya, gue ucapin terima kasih buat guru PLH gue yang udah ngasih materi bermanfaat dan akhirnya gue tulis disini dan juga buat Google Images yang udah ngasih referensi gambar-gambar kece buat blog gue. Terima kasih!! ^_^

Sekian dari gue tentang Syarat-Syarat Media Tanam Yang Baik, Kurang lebihnya gue mohon maaf dan jika elu berkenan, mohon untuk tinggalkan jejak komentar ataupun bagikan artikel ini melalui media social dibawah ini. Sankyu minna!! ^_^

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

PERINGATAN!: Blog ini tidak menyebabkan Kanker, Impotensi, Gangguan Kehamilan dan Janin. Kecuali kalo elo bacanya sambil ngerokok!!