Posted by : Unknown Monday, December 15, 2014
Tag :

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh!!

Ulangan udah kelar gaes!! Gimana ulangannya? Lancar-lancar aja kan?? Lancar nyonteknya maksudnya. hehehe

Back to my life, there's nothing without any awkward moments. Termasuk waktu lagi menghadapi Ulangan Tengah Semester.

Hal paling paling bikin gue blank itu pas ulangan Seni Budaya. HP Gue diambil sama pengawas. Fu*k Moment banget itu.

Cerita berawal di hari Rabu malem Kamis 10 Desember 2014. Ceritanya gue lagi browsing, ngeyoutube, dan sebagainya. Dan udah jadi kebiasaan gue setiap laptop gue konek ke internet, pasti akun pesbuk selalu kebuka.

Lagi asik-asiknya streaming Indonesian Idol lewat youtube, tiba-tiba notif di pesbuk rame. Pas gue cek, temen gue posting di pesbuk yang bikin gue bertanya-tanya. Untuk pertanyaannya sendiri, bisa liat di Screenshot dibawah.


Well, pertamanya gue seneng. Dalem hati gue ngomong "Yes!! Puja Kerang Ajaib!!!". Tapi setelah dipikir-pikir, akhirnya gue mikin "etdaah, ini beneran? ini mimpi bukan??". Yap, ketiadaan mapel Seni Budaya cukup untuk menjadi sebuah anugerah ditengah-tengah hiruk pikuk minggu-minggu UAS. (asooy!)

Gua liat ulang jadwal pelajaran untuk UAS dan ternyata emang nggak ada jadwal Seni Budaya disana. Habis ngecek ulang jadwal, gue balik lagi browsing dan streaming di youtube. Iya, selama UAS gue nggak belajar. Bukan karena gue sok pinter, tapi karena emang gue males dan gue tau kalo besok pasti ada yang bisa dicontekin. Singkat cerita, besoknya yaitu hari Kamis 11 Desember 2014, gue Ulangan. Jam pertama dapat dilalui dengan mudah. Mudah nyonteknya maksudnya.

Habis jam pelajaran pertama, murid-murid dipersilahkan untuk istirahat diluar sebentar. Dan disini tragedi dimulai. Gue ulangan di ruang 11. Pas istirahat gue main ke ruang 12 dan dapet kabar kalo ada salah satu temen gue yang disuruh pulang gara-gara belom bayaran sekolah selama 3 bulan.

Temen1: "eh, lu tau kagak? masa si Tutut (nama disamarkan) tadi disuruh pulang sama pengawas."

Gue: "lah, emang kenapa?"

Temen2: "iya masa kan dia belom dapet kartu ujian gara-gara belom bayaran, terus disuruh ngambil kartu ujian ke panitia."

Gue: "terus-terus?"

Temen2: "iya terus pas balik lagi kesini, nggak dapet izin sama panitia gara-gara belom bayaran 3 bulan."

Gue: "lah, kasian banget dong. terus dia balik aja gitu? gak protes-protes apa-apa?"

Temen1: "ya iya. gua juga agak kesel makanya."

Seketika gua berteriak.

"DIMANA KEADILAANN!!!!!"

Well, oke itu teriaknya didalem hati ya.

Dari situ, Jiwa Nasionalisme, Jiwa Persahabatan, dan Jiwa Liar gue dan temen-temen gue pun keluar dan kita sepakat buat Protes ke bagian Administrasi atau lebih dikenal Tata Usaha. Kita pun bareng-bareng jalan ke ruang Tata Usaha. Niatnya pengen gaya ala gengnya Takiya Genji, tapi yang gue tau, kita malah mirip Dakinya Genji.

Sampe ruangan TU, ternyata guru yang berwenang tentang masalah Administrasi malah nggak ada ditempatnya. What The Madafaqqaahh!!
Sebelum akhirnya memutuskan untuk balik lagi ke ruang ujian, gue sempet ngeliat ke papan informasi dan disana ada yang membuat gue shock setengah tewas. Disana ada kertas Jadwal UAS yang bertuliskan "Jadwal Baru".

O Em Ji! Mata gue langsung menatap nanar kearah jadwal hari Kamis yang ternyata Jadwal untuk ulangan jam ke-2 adalah Pelajaran Seni Budaya!! Triple Gawat Kuadrat!!!

Seketika gue langsung manggil temen-temen gue untuk memberitahukan hal kampret tersebut.


Gue: "Bro! Sini bentar dah. Liat ini masa ada jadwal ulangan baru."

Temen 1: "Hah? Serius lo?"

Temen 2: "Terus ada yang berubah gak?"

Gue: "Ada. Pelajaran kedua hari ini diganti Seni Budaya."

Temen 3: "Yah, seriusan? gue belom belajar nih."

Temen 1: "Iya gua juga belom."

Temen 2: "Sama nih, gua belum baca materi Seni Budaya."

Gue: "Iya, gue juga belom belajar juga bego! Kan emang mendadak gini mah kagak ada yang udah belajar. Bukunya aja gua gabawa."


Hal yang terjadi selanjutnya adalah gue sama temen-temen gue balik ke ruang ujian dengan mata melas dan semangat yang loyo. Gue sampe ke ruang ujian dan menceritakan hal kampret itu ke temen-temen yang laen. Reaksi temen-temen yang ngedenger kalo Seni Budaya yang tadinya nggak ada dijadwal jadi muncul hari ini pun bermacam-macam. Ada yang panik, ada yang stay calm karna emang dia udah pinter, ada juga yang masang sikap lilin.

Ulangan jam kedua pun dimulai. Mata pelajaran Seni Budaya yang membingungkan itu kini berada diatas meja berupa pertanyaan-pertanyaan yang bahkan gue nggak ngerti istilah-istilahnya. Dan kampretnya lagi, pengawas yang bertugas itu adalah guru Seni Budaya itu sendiri. Iya, mending kalo gurunya bisa ditanya-tanya mah jawaban gue bener semua kali.

Karena setres yang berkelanjutan gara-gara menghadapi soal yang bahkan gue nggak ngerti istilah-istilahnya itu, gue memutuskan hal bodoh. Yaitu searching di google. Percayalah kawan, jangan pernah kamu googling ketika lagi ulangan. Jangan ketauan maksudnya.

Udah memutuskan untuk searching google tentang istilah-istilah yang gue nggak ngerti, kampretnya lagi, ternyata setelah searching pun nggak ada artikel-artikel di internet yang membahas lengkap masalah istilah-yang-gue-nggak-ngerti itu.

Udah sifat gue dari sononya, kalo nyari sesuatu nggak ketemu, gue paksain terus sampe nemu. Begitu juga dengan jawaban ulangan. Kalo nyari di google nggak ketemu, ya gue paksain terus googling sampe-sampe gue gak sadar kalo si pengawas-yang-ternyata-guru-seni-budaya itu udah ada disamping meja gue dan bertanya "Fakhri, lagi ngapain? mainan hape ya??"

Jegeeeerr!! Bumi gonjang-ganjing, langit kelap-kelip, badai halilintar datang ditubuh gue. Berasa kena listrik ribuan volt, gue kaget dan langsung ngelempar hape ke kolong meja. Dan begonya lagi,

"Duk!"

Yap, hape yang gue lempar, kekencengan dan menimbulkan bunyi. Karna guru gue nggak bego dan nggak tuli, tentunya dia langsung ngerogoh kolong meja gue dan menemukan hape gue di kolong meja. Terus hapenya diambil sama si pengawas sambil dia bilang "Hape kamu ibu ambil ya?"

Menurut Loh!!

Dengan perasaan menyesal, gue harus merelakan kepergian hape gue saat itu. Gue berusaha untuk tetap kalem dan pura-pura serius mengerjakan ujian. Padahal pas hape gue diambil, gue lagi nahan supaya nggak kencing di celana.

Gara-gara pura-pura serius pasca pengambilan hape gue oleh si guru-seni-budaya itu, gue jadi keterusan serius ngerjain soal. Serius ngasal sih.
Lagian, emang dari awal gue nggak belajar sama sekali ditambah istilah-istilah madafaqaah yang gue kira itu bukan dari bahasa di bumi melainkan istilah yang diciptakan oleh penduduk planet venus.

Kejadian selanjutnya adalah seperti yang bisa kalian duga. Gue ngerjain soal dengan jawaban-jawaban yang ngasal sebagian. Sebagiannya lagi hasil nyontek. (parah banget yak.)

*Beberapa belas menit kemudian*

"Krriiiinnnggg!!!"

Bel tanda ujian berakhir pun berdering. Dengan perasaan menyesal yang mendalam, gue ngumpulin lembar jawaban yang bahkan gue aja males ngeliatnya. Dengan tampang melas, gue ngehampirin meja pengawas, naro lembar jawaban, dan balik lagi ke meja gue buat siap-siap balik.

Gue masuk-masukin alat tulis ke tas, dan kemudian terdengar suara dari meja pengawas.

"Fakhri, ini hape kamu ambil lagi aja."

Dan, ternyata itu suara si guru-seni-budaya yang ngambil hape gue tadi. ALHAMDULILLAH!!. Seketika gue ambil itu hape, gue masukin kantong, dan gue sujud syukur. Didalem hati sujudnya. *Emang bisa!!!??*

Iya, pokoknya hari itu menjadi pengalaman yang paling memalukan sepanjang sejarah ujian gue. Mudah-mudahan nggak gue ulangin lagi. Bukan googlingnya, tapi ketauannya. Seperti kata pepatah dari kodoknya tetangga gue: "Nyontek itu boleh. Yang nggak boleh itu kalo ketauan."


Nah, belajar dari pengalaman-pengalaman gue selama gue menghadapi ujian dimasa-masa sekolah, ada beberapa hal yang perlu digarisbawahi selama Ujian. Dan disini, gue akan memberikan hal-hal tersebut yang berupa tips-tips untuk kalian.


Let's Check The Tips!!

1. Kerjain soal yang kamu anggap mudah terlebih dahulu. Jangan kerjakan soal yang nggak ada apalagi ngerjain pengawas. Pokoknya jangan.

2. Jangan nyimpen contekan di selipan rok. Gua dulu pernah nyoba, ketauan, dan disuruh pulang.

3. Pilih jawaban langsung di tempat kamu ulangan. Jangan milih via Voting SMS. Ini ulangan bukan Indonesian Idol

4. Jawabnya gausah lama-lama. Jangan juga nunggu pengawasnya nunggu sampe 3 bulan. Kan kasian, udah lama-lama nunggu tapi ujung-ujungnya malah ditolak. #JadiCurhat

5. Untuk pilihan ganda, jawaban yang benernya di silang. Bukan di coblos. Pemilu udah lewat.

6. Biarpun kamu aktivis pesbuk garis keras, Jawabnya harus tetep "disilang" bukan "dicolek".

7. Kalo udah buntu, kamu boleh pake jurus "menghitung kancing". Tapi pastikan itu kancing baju kamu bukannya kancing baju pengawas apalagi bajaj "baju"ri. #apacoba

8. Meskipun pengawasnya cakep, jangan nanya "kamu udah punya pacar apa belum?". Kalo mau nembak pengawasnya, tembak pake senapan gajah.

9. Yang terakhir, meskipun kamu keturunannya Kian Santang, Jangan sekali-kali kamu dateng kesekolah naik naga terbang. Pokoknya JANGAN!!


Oke, nama saya Ki Gendeng Ra Mudeng, terima kasih..

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

PERINGATAN!: Blog ini tidak menyebabkan Kanker, Impotensi, Gangguan Kehamilan dan Janin. Kecuali kalo elo bacanya sambil ngerokok!!